Beranda Biodata Biografi Michelangelo – Seniman Renaissance

Biografi Michelangelo – Seniman Renaissance

Biografiku.com – Biografi Michelangelo. Ia dikenal sebagai seniman renaissance asal Italia. Ia terkenal ahli sebagai pelukis, pemahat dan arsitek serta seorang pujangga. Karya-karyanya dapat dilihat di Vatikan, Roma. Bagaimana kisah ataubiografi Michelangelo?

Biodata Michelangelo

Biografi MichelangeloNama : Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni
Lahir : Caprese, Italia, 6 Maret 1475
Wafat : Roma, Italia, 18 Februari 1564
Orang Tua : Ludovico Buonarroti (ayah), Francesca di Neri del Miniato di Siena (ibu)
Istri : –
Anak : –

Biografi Michelangelo 

Michelangelo dilahirkan di Caprese, Italia pada tanggal 6 maret 1475. Ayahnya bernama Ludovico Buonarroti dan ibunya bernama Francesca di Neri del Miniato di Siena. Ayahnya bekerja sebagai seorang petugas hukum.

Masa Kecil

Beberapa bulan setelah kelahiran Michelangelo, keluarga Michelangelo kembali ke Florence. Ibunya meninggal ketika Michelangelo baru berumur enam tahun.

Dalam biografi Michelangelo, diketahui iatinggal bersama dengan pengasuhnya di kota Settignano setelah ibunya wafat. Di kota itu ayahnya mempunyai tambang marmer. Disinilah ia kemudian menyukai marmer yang kemudian mengantarkan sebagai seorang pemahat atau pematung terkenal.

Bakat Melukis

Setelah itu ia kemudian dikirim ke kota Florence dan sekoalh dan belajar dibawah bimbingan Francesco da Urbino. Namun minatnya untuk sekolah tidak ia tunjukan. Ia lebih suka menyalin lukisan dari gereja.

Dari kecil bakatnya sudah tampak jelas, dan di umur tiga belas dia magang pada pelukis kenamaan Shirlandaio di Florence. Setahun sesudah itu dia tinggal di istana Medici milik Lorenzo, penguasa Florence yang bertindak selaku pelindungnya.

Pemahat/Pematung Terhebat

Tinggal bersama Medici, Michelangelo lebih menunjukan bakatnya di bidang seni rupa. Ia membuat beberapa karya seperti Madonna de la Salsa dan pahatan Battle of the Centaurs. Perfeksionisme Michelangelo muncul takkala kritik-kritik dari Lorenzo de Medici.

BACA JUGA :  Biografi Benito Mussolini

Meski dia tinggal di banyak tempat, sebagian terbesarnya dihabiskan di Roma dan Florence. Kendati dia tidak segenius Leonardo da Vinci angkatannya yang lebih tua, keserbabisaan dan kebolehan Michelangelo tetap amat mempesona.

Dialah satu-satunya seniman, mungkin satu-satunya orang, yang sanggup mencapai puncak prestasi dalam dua bidang yang berbeda satu sama lain.

Selaku pelukis dia berada hampir di puncak, baik dari segi kualitas keindahan karyanya maupun pengaruhnya terhadap pelukis-pelukis yang datang belakangan.

Karya Michelangelo di Vatikan, Roma
Biografi Michelangelo - Seniman Renaissance
The Last Judgement Michelangelo

Lukisan atau mural besar yang yang berjudul ‘Pengadilan Terakhir’ atau The Last Judgement menghiasi dinding atas gereja Sistine di Roma merupakan kreasi seni terbesar sepanjang dari Michelangelo.

Tetapi, Michelangelo sendiri menganggap dirinya pertama-tama seorang pemahat, dan banyak kritikus yang menganggapnya pemahat terbesar yang pernah hidup.

Biografi Michelangelo - Seniman Renaissance
Patung Pieta karya Michelangelo

Dalam Biografi Michelangelo diketahui bahwa Patung David (Daud) dan Moses (Musa) dan Pieta merupakan karya Michelangelo yang termashur dan paling dikenal sepanjang masa.

Arsitek Vatikan

Michelangelo juga seorang arsitek besar. Salah satu hasil kerja besarnya di bidang ini adalah rancangan gereja Medici di Florence. Selama beberapa tahun dia juga jadi kepala arsitek gereja St. Peter di Roma.

Seorang Pujangga

Micheangelo banyak membuat sajak selama hidupnya, sekitar 300 sajak dapat ditemukan. Soneta-sonetanya dan sajak-sajak lain diterbitkan sesudah matinya. Kesemua sajak-sajaknya itu mencerminkan jelas corak kepribadiannya, dan Michelangelo memang menunjukkan dirinya penyair berbakat.

Setelah mempersembahkan banyak karya yang didedikasikan untuk Vatikan, Roma, Michelangelo wafat pada tanggal 18 Februari 1564. Ia dimakamkan di Santa Croce, Firenze, Roma, Italia.

Advertisement