Beranda Biodata Biografi Michael Faraday – Penemu Dinamo dan Kelistrikan

Biografi Michael Faraday – Penemu Dinamo dan Kelistrikan

Biografiku.com – Biografi Michael Faraday. Ia dikenal sebagai salah satu penemu yang banyak menghasilkan temuan- temuan yang bermanfaat bagi dunia. Salah satunya yang paling dikenal penemuannya terhadap dinamo dan kelistrikan.

Biodata Michael Faraday

Biografi Michael FaradayNama : Michael Faraday
Lahir : London, Inggris, 22 September 1791
Wafat : Molesey, Inggris, 25 Agustus 1867
Orang Tua : James Faraday (ayah), Margaret Hastwell (ibu)
Istri : Sarah Barnard
Dikenal : Penemu Listrik dan Dinamo

Biografi Michael Faraday

Michael Faraday lahir tahun 1791 di Newington, Inggris. Ayahnya bernama James Faraday, dan ibunya bernama Margaret Hastwell. Ia memiliki tiga orang saudara dimana Michael Faraday adalah anak ketiga.

Masa Kecil

Dalam biografi Michael Faraday diketahui bahwa ia terlahir dari keluarga yang pas-pasan bisa dikatakan tidak berkecukupan. Hal ini membuat ia dan saudara-saudaranya hanya mampu mengenyam sedikit pendidikan formal saja.

Sejak remaja tepatnya usia 14 tahun, Michael Faraday sudah bekerja keras menjadi penjual dan penjilid buku. Pekerjaan inilah yang membuat ia terbiasa rajin membaca buku-buku yang ia jual atau jilid. Dari buku-buku ini membuat keingintahuannya tentang sains semakin tinggi.

Menjadi Asisten Sir Humphry Davy

Ketika Michael Faraday menginjak usia dua puluh tahun, dia mengunjungi ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris kenamaan Sir Humphry Davy.

Faraday sangat terpesona terhadap ceramah ilmiah dari Sir Humphry Davy. Ditulisnya surat kepada Davy, kemudian ia diterima dengan baik sebagai asistennya.

Hanya dalam tempo beberapa tahun, Faraday sudah bisa membuat penemuan-penemuan baru atas hasil kreasinya dan kerja kerasnya sendiri. Meskipun Michael Faraday tidak punya latar belakang yang memadai di bidang matematika, namun dalam bidang ilmu alam lain ia dapat dipehitungkan.

BACA JUGA :  Biografi Wilhelm Conrad Rontgen, Penemu Sinar X Yang Meraih Nobel Fisika Pertama
Menemukan Dinamo atau Motor Listrik

Dalam Biografi Michael Faraday diketahui bahwa Penemuan Faraday yang pertama dan yang terpenting di bidang listrik terjadi pada tahun 1821. Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarum magnet kompas biasa dapat bergerak jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan.

Ini membuat Faraday berkesimpulan, jika magnet didekatkan, maka yang bergerak justru kawatnya. Bekerja atas dasar dugaan atau hipotesisnya ini, Michael Faraday berhasil membuat suatu skema atau rincian yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnit sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat.

Sesungguhnya dalam hal ini Faraday sudah menemukan motor listrik pertama atau dinamo pertama. Sebuah skema pertama mengenai penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak.

Biografi Michael Faraday - Penemu Dinamo dan Kelistrikan
Berbagai Alat Temuan Michael Faraday (slideshare.com)

Walaupun temuannya terlihat agak primitif namun penemuan Faraday ini merupakan “nenek moyang” dari semua motor listrik yang digunakan dunia sekarang ini.

Ini merupakan pembuka jalan kesuksesan yang luar biasa bagi Michael Faraday. Tetapi, kegunaan masih sangat terbatas. Sebab, belum ada metode untuk menggerakkan arus listrik selain dari baterai kimiawi yang dirakit secara sederhana pada saat itu.

Michael Faraday yakin bahwa ada suatu cara penggunaan magnet untuk menciptakan sebuah listrik. Dan Michael faraday terus-menerus mencari jalan bagaimana menemukan metode itu.

Menemukan Arus Listrik

Di tahun 1831, Faraday menemukan bahwa fakta bahwa magnet yang dilalui lewat sepotong kawat maka arus listrik akan mengalir di kawat dan magnet terus bergerak. Keadaan ini kemudian disebut sebagai “Pengaruh Elektromagnetik,” dan penemuan ini disebut “Hukum Faraday” dan pada umumnya dianggap penemuan Faraday yang terpenting dan terbesar.

Hukum Faraday

Ini merupakan penemuan yang monumental, dengan dua alasan. Pertama, “Hukum Faraday” mempunyai arti penting yang mendasar dalam hubungan dengan pengertian teoritis kita tentang elektromagnetik.

BACA JUGA :  Biografi Albert Einstein, Kisah Bocah Autisme Menjadi Ilmuwan Fisika Paling Jenius Penemu Teori Relativitas

Kedua, elektromagnetik dapat digunakan untuk menggerakkan secara terus-menerus arus aliran listrik seperti yang ditunjukan sendiri oleh Faraday lewat pembuatan dinamo listrik pertama.

Michael Faraday juga memberi sumbangan di bidang kimia. Dia merancang ide bagaimana mengubah sebuah gas jadi cairan. Ia juga menemukan berbagai jenis kimiawi termasuk benzena.

Karya lebih penting lagi adalah usahanya di bidang elektrokimia (penyelidikan tentang akibat kimia terhadap arus listrik). Penyelidikan Faraday dengan ketelitian tinggi menghasilkan dua hukum “elektrolysis”. Yang penyebutannya dirangkaikan dengan namanya yang merupakan dasar dari elektrokimia.

Dia juga mempopulerkan banyak sekali istilah yang digunakan dalam bidang itu seperti: anode, cathode, electrode dan ion. Dan Faraday juga yang memperkenalkan ke dunia fisika gagasan penting tentang garis magnetik dan garis kekuatan listrik.

Biografi Michael Faraday - Penemu Dinamo dan Kelistrikan
Makam Michael Faraday

Faraday bukan cuma cerdas tetapi sederhana tidak tidak peduli soal kemasyuran. Ia menolak diberi gelar kebangsawanan dan juga menolak jadi ketua British Royal Society.

Ia menikah dengan wanita bernama Sarah Barnard. Walaupun hingga akhir usianya ia tidak memiliki anak dari pernikahannya tersebut. Michael Faraday kemudian tutup usia di Molesey, Inggris pada tanggal 25 Agustus 1867.

Advertisement